Kongres III SINDIKASI: Ikhsan Raharjo dan Maria Anastasia Pimpin SINDIKASI Periode 2024-2027

Kongres III SINDIKASI menetapkan Ikhsan Raharjo sebagai Ketua Umum dan Maria Anastasia sebagai Sekretaris Jenderal untuk periode 2024-2027

Kongres III SINDIKASI: Ikhsan Raharjo dan Maria Anastasia Pimpin SINDIKASI Periode 2024-2027
Photo by Yohanes Bayu Christianto

Setelah melewati proses dan dinamika panjang, Kongres III SINDIKASI akhirnya menetapkan Ikhsan Raharjo sebagai Ketua Umum dan Maria Anastasia sebagai Sekretaris Jenderal untuk periode 2024-2027.

Penetapan itu didapat setelah Peserta Kongres III SINDIKASI melakukan pemungutan suara untuk memilih di antara dua kandidat Ketua Umum-Sekretaris Jenderal yaitu Bimo Aria Fundrika-Selira Dian dan Ikhsan Raharjo-Maria Anastasia.

Ini merupakan kali pertama SINDIKASI memiliki lebih dari satu pasangan calon Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal sejak kali pertama berdiri pada 2017.

“Ini bukan soal menang atau kalah karena kedua pasangan sebenarnya memiliki agenda dan visi yang sejalan. Kami mohon dukungan agar semua yang diharapkan anggota dapat terwujud,” ungkap Ikhsan ketika diminta memberikan tanggapan atas hasil pemilihan.

Sementara itu, pasangan Bimo Aria Fundrika dan Selira Dian mengaku siap mendukung Ketua Umum-Sekretaris Jenderal terpilih dengan bersedia untuk masuk dalam susunan kepengurusan baru.

“Ini adalah eksperimen demokrasi untuk SINDIKASI. Sejak awal, kami sudah berkomitmen untuk selalu mendukung setiap agenda dan gagasan untuk memenangkan kelas pekerja," ungkap Bimo.

Ikhsan Raharjo merupakan jurnalis yang sebelumnya menjabat Anggota Majelis Pertimbangan Organisasi SINDIKASI periode 2021-2024 dan Sekretaris Jenderal SINDIKASI periode 2017-2021.

Maria Anastasia bekerja sebagai copywriter pada sebuah media agency. Pada 2017, Maria pernah menjabat sebagai Koordinator Divisi Komunikasi SINDIKASI.

Sementara Bimo Aria Fundrika memiliki latar belakang sebagai jurnalis pada sebuah media online nasional terkemuka serta menjabat sebagai Koordinator Divisi Advokasi SINDIKASI pada periode 2021-2024 dan Pengurus Divisi Advokasi periode 2017-2021 SINDIKASI.

Sedangkan Selira Dian merupakan penulis yang bekerja pada industri game dan aktif di seni pertunjukan teater. Selama 2021-2024, Dian merupakan Ko-Koordinator Divisi Gender dan Inklusi Sosial SINDIKASI.

Kongres III SINDIKASI juga telah memilih Majelis Etik Periode 2024-2027 yaitu Bunga Manggiasih, Pitra Hutomo, dan Rita Tambunan.

Selain itu, Kongres III SINDIKASI mengangkat Alfa Gumilang, Nur Aini, Ahmad Hafiduddin, Nita Roshita, dan Agatha Danastri Dian Pertiwi sebagai Majelis Pertimbangan Organisasi Periode 2024-2027.

SERIKAT PEKERJA MEDIA DAN
INDUSTRI KREATIF UNTUK DEMOKRASI

Samali Ujung No. 20 B, RT.4/RW.9 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan