Panduan Kontrak Kerja untuk Freelancer

Pengaburan relasi kerja dalam ekosistem pekerja lepas di sektor industri kreatif kerap berujung kepada peniadaan kesepakatan kerja tertulis untuk memulai hubungan kerja. Hal ini melemahkan posisi/daya tawar pekerja lepas yang kondisinya sudah rentan dengan keberadaan Omnibus Law dan minimnya pengetahuan pekerja untuk membuat kontrak kesepakatan kerja. Membuat kontrak kerja sebenarnya tidak terlalu sulit, pastikan hal-hal di atas ini tertulis jelas di dalam kontrak kerja.


Invoice atau tagihan merupakan salah satu dokumen penting dalam sistem pengupahan pekerja lepas. Umumnya, invoice terdiri dari total upah dari jasa/layanan, namun pada situasi relasi kerja tertentu invoice memerlukan beberapa ketentuan tambahan khusus untuk melindungi kebutuhan finansial pekerja, khususnya pekerja lepas.


Pertolongan Pertama untuk Psikologis merupakan panduan untuk menolong seseorang yang mengalami gangguan psikologis akibat suatu peristiwa/aktivitas tertentu termasuk yang berkaitan dengan pekerjaan. Bagi pekerja lepas, hak kesehatan fisik dan mental masih menjadi tanggung jawab sendiri. Membangun kolektif pekerja lepas yang sadar tentang panduan PFA ini dapat menjadi safety net untuk setiap pekerja lepas yang membutuhkan pertolongan. Panduan ini perlu diketahui untuk para pekerja untuk dapat saling membantu sesama pekerja ketika situasi krisis terjadi akibat kerja.

SERIKAT PEKERJA MEDIA DAN
INDUSTRI KREATIF UNTUK DEMOKRASI

Samali Ujung No. 20 B, RT.4/RW.9 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan